Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Sagitarius

Cheiron adalah a centaur, makhluk yang bertubuh bagian atas berupa manusia, namun bertubuh bagian bawah berupa kuda, putra Saturn dari Phylira, seorang Oceanid.

Berbeda dari para centaur yang pada umumnya bersifat liar dan buas, Cheiron memiliki kebijaksanaan dan kemampuan yang tinggi dalam berbagai bidang sehingga banyak pahlawan yang memperoleh keahlian mereka karena didikan Cheiron, di antaranya adalah: Jason, Hercules, dan Achilles.

Suatu hari Hercules mengunjungi Cheiron di guanya. Karena suatu kesalahpahaman akhirnya terjadilah pertempuran antara Hercules melawan para centaur. Meskipun Cheiron sendiri tidak terlibat dalam pertempuran itu namun salah satu anak panah beracun Hercules menembus tubuhnya serta menimbulkan luka yang tak tersembuhkan.

Celakanya Cheiron sendiri tidak dapat mati karena berayahkan titan sehingga penderitaannya tidak pernah akan berakhir. Akhirnya dia memohon kepada Jupiter agar mencabut keabadiannya. Jupiter tidak mencabut keabadiannya melainkan menjadikannya rasi bintang Sagittarius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: